• Apr : 12 : 2014 - Alasan Mengapa Menurunnya Performa Partai Demokrat Pada Pemilu 2014
  • Mar : 21 : 2014 - Maruarar Sirait : Calon Presiden Indonesia Harus Mempunyai Integritas
  • Mar : 13 : 2014 - Ahok : Jokowi Tidak Harus Mundur Jika Ingin Nyapres
  • Jan : 9 : 2014 - Atut Di Tahan, Rano Karno Maju Sebagai Gubernur Banten
  • Dec : 19 : 2013 - Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ratu Atut Jatuh Sakit

Demokrasi berasal dari bahasa negeri seribu dewa, Yunani yakni “demos” yang berarti rakyat dan juga “cratis/cratein yang berarti pemerintah. Jadi demokrasi bisa berarti sebuah pemerintahan rakyat tapi menurut seorang tokoh politik bernama Henry B Mayo mengatakan bahwa Demokrasi merupakan sebuah sistem politik yang menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselengarakan dalam suasana terjaminnnya kebebasan politik.

Pria yang memakai cincin wedding saat pernikahannya itu tak hanya berpendapat soal pengertian demokrasi tapi juga nilai-nilai yang ada pada demokrasi, nilai-nilai yang mendasari pada demokrasi adalah sebagai berikut:

1. Penyelenggaraan persoalan secara damai dan melembaga (institutionalized peaceful settlement of conflict)

Yang dimaksud Henry B Mayo adalah tak bisa dipungkiri baha dalam sebuah masyarakat di negara pastilah selalu terdapat banyak perselisihan pendapat dan juga kepentingan masing-masing. Biasanya di dalam usaha ini setiap pemerintah menggunakan cara persuasi yang merupakan meyakinkan rakyat serta paksaan atau biasa disebut dengan coercion,  dalam beberapa negara perbedaan dukungan antara dukungan yang bersifat sukarela dengan yang bersifat memaksa hanya terletak pada intensitas pemakaian paksaan dan juga persuasi.

2. Perubahan masyarakat dengan jaminan damai

Dalam masyarakat pastilah ada yang namanya keributan dan itu dikarenakan adanya kemajuan teknologi, kepadatan penduduk dan juga karena perdagangan. Setiap pemerintah haruslah membiasakan diri dengan ini karnea dengan oerubahan tersebut bisa lebih baik, seperti kata Julio Cesar “Perdamaian tak akan ada jika tak ada peperangan”.

3. Adanya keanekaragaman

Keanekaragaman memang perlu dijaga karena untuk mencegah jika adanya pelampauan batas sebab dalam keanekaragaman perlu dijaga persatuan dan integritas bangsa, biasanya demokrasi menyebutnya dengan gaya hidup.

4. Menjamin keadilan

Di dalam negara demokrasi pelanggaran terhadap keadilan jarang sekali terjadi karena golongan-golongan di dalam masyarakat terwakili dalam lembaga-lembaga perwakilan, meskipun begitu dimungkinkan juga ada golongan yang merasa diperlakukan tidak adil.

Nah bagaimana, semoga kalian yang membaca artikel ini dapat memiliki wawasan baru tentang dunia politik. Jika kalian berkeinginan untuk menjajal dunia politik mungkin pelajaran ini bisa menjadi dasar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Categories: Blog, Hukum

Leave a Reply


Featured Video

Maruarar Sirait : Calon...

Posted on Mar - 21 - 2014

0 Comment

Ahok : Jokowi Tidak...

Posted on Mar - 13 - 2014

0 Comment

Atut Di Tahan, Rano...

Posted on Jan - 9 - 2014

0 Comment

KPK Sita 3 Aset...

Posted on May - 7 - 2013

0 Comment

Maruarar Sirait : Calon...

Posted on Mar - 21 - 2014

0 Comment

Kunjungan DPR di Tolak...

Posted on Apr - 12 - 2013

0 Comment

Twitter updates

RSS not configured

Sponsors